Ada kalanya seorang perancang web design melakukan beberapa kesalahan pada komponen situs yang dia kerjakan. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi tampilan web dan kesan yang ditinggalkan oleh pengunjung. Sayangnya, kesalahan-kesalahan tadi kadang masih dilakukan akibat perancang yang masih pemula atau tidak tahu tentang tata letak yang benar. Maka, penting bagi Anda yang seorang web designer untuk menghindari lima kesalahan di bawah ini.

1. Posisi Bar Pencarian Tidak Strategis

Keberadaan bar pencarian atau search harus diperhatikan, baik untuk situs pribadi, perusahaan, maupun online shop. Namun, masih ada website yang menaruh fitur tersebut di bagian terbawah atau tidak ada sama sekali. Posisi yang tepat untuk bar pencarian adalah pojok kanan atau kiri atas, sehingga nantinya mudah ditemukan pengunjung saat ingin mencari sesuatu.

2. Tampilan yang Kurang Mobile Friendly

Ada kalanya kita menemukan website yang kurang mobile friendly. Dalam hal ini, tampilan website tadi mengharuskan kita untuk menggeser ke kanan, kiri, atas, atau bawah untuk melihat keseluruhan laman yang diakses lewat smartphone. Jadi, perancang web design perlu membuat konsep supaya website tadi lamannya dapat muat di smartphone, tablet, maupun gawai canggih lainnya.

3. Navigasi Web yang Terlampau Rumit
Sebenarnya, tidak ada patokan resmi untuk navigasi dalam website. Namun, Anda harus memperhatikan pula kemudahan pengunjung saat mengakses dan menelusuri website itu nantinya. Tidak ada salahnya untuk berkreasi, tapi pastikan navigasi tersebut mudah untuk diikuti. Sedangkan untuk situs perusahaan atau resmi lainnya, usahakan untuk memakai navigasi yang lebih efisien.

4. Font dan Warna yang Berlebihan

Hindari konsep desain website yang terlalu berlebihan. Sering kita temui situs-situs ‘meriah’ dengan jenis font dan warna yang terlalu banyak. Bukannya menarik banyak pengunjung, mereka malah akan segera meninggalkannya karena menganggap website tadi tidak profesional. Jadi, pastikan Anda memakai dua atau tiga jenis font dan warna yang tidak mencolok pada web design.