Umar Syah Suharto

Tips Mudah Mempelajari Web Design Bagi Pemula

Pekerjaan sebagai perancang web design dari tahun ke tahun semakin diminati dan banyak dicari. Untuk menjadi web designer memang membutuhkan keterampilan dan ketelitian supaya hasilnya memuaskan. Namun, Anda tidak melulu harus kuliah di jurusan desain atau sebagainya. Sebab, Anda bisa belajar dan mempraktikannya secara autodidak dengan memperhatikan poin-poin di bawah ini.

Mempelajari Dulu Materi Termudah
Sebagai pemula, Anda perlu mempelajari materi-materi yang mudah terlebih dahulu. Antara lain seperti dasar-dasar desain grafis, sebab bidang ini mudah diterapkan pada desain web. Pilih juga software yang akan Anda pakai seperti Photoshop atau program image editing serupa. Mempelajari dan memahami hal-hal mudah secara tekun akan mempermudah Anda pada level yang lebih tinggi.

Membaca Materi Seputar Web Design
Membaca buku, blog, atau tutorial akan mengimbangi Anda saat melakukan praktik. Beberapa materi yang perlu Anda pelajari adalah dasar-dasar CSS, HTML, serta HTML editor. Sekarang ini selain buku, Anda juga bisa mendapatkan materi web design di internet dalam format eBook atau .pdf. Jadi, tidak ada alasan berhenti belajar hanya karena kurang biaya untuk les atau membeli buku.

Membuat Timeline Materi yang Dipelajari
Supaya ritme belajar Anda teratur, buatlah timeline untuk materi-materi yang akan dipelajari. Timeline tadi juga bisa menjadi semacam jadwal mengingat Anda belajar secara autodidak. Selain itu, Anda juga punya batasan tertentu untuk mempelajari satu materi. Sehingga nantinya Anda punya target yang harus diselesaikan untuk kemudian mulai mempelajari materi baru yang lebih sulit.

Fokus Belajar Sampai Menguasai Materi
Selain mematuhi timeline, penting bagi Anda untuk terus fokus saat mempelajari sebuah materi. Misalnya untuk satu minggu ke depan Anda membuat jadwal untuk membaca buku tentang CSS. Maka, sepanjang waktu tersebut, Anda tidak diperbolehkan untuk mengambil materi lain. Sehingga Anda bisa memusatkan perhatian terhadap materi web design tadi untuk kemudian dipraktikan hingga mampu menguasainya.

Mengikuti Forum Seputar Web Design
Salah satu kekurangan dari belajar autodidak adalah Anda tidak punya rekan untuk berbagi ilmu. Untuk mengatasainya, Anda dapat bergabung dengan forum yang bergelut di dunia desain web, baik secara langsung atau lewat dunia maya. Namun sebelum bergabung, ada baiknya Anda mengamati bagaimana interaksi anggota di dalamnya serta topik atau materi yang dibahas.

Tidak Cepat Menyerah Saat Belajar
Sebagai seseorang yang belum akrab dengan dunia desain web, Anda pasti akan sering menemukan kesulitan. Tak jarang hal-hal tersebut membuat Anda ingin menyerah saja dan mencari kegiatan lain yang lebih mudah. Namun, kesulitan tersebut pernah dialami pula oleh mereka yang sudah ahli dalam dunia web design, tapi mereka memilih untuk terus maju.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Web Design

Ada kalanya seorang perancang web design melakukan beberapa kesalahan pada komponen situs yang dia kerjakan. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi tampilan web dan kesan yang ditinggalkan oleh pengunjung. Sayangnya, kesalahan-kesalahan tadi kadang masih dilakukan akibat perancang yang masih pemula atau tidak tahu tentang tata letak yang benar. Maka, penting bagi Anda yang seorang web designer untuk menghindari lima kesalahan di bawah ini.

1. Posisi Bar Pencarian Tidak Strategis

Keberadaan bar pencarian atau search harus diperhatikan, baik untuk situs pribadi, perusahaan, maupun online shop. Namun, masih ada website yang menaruh fitur tersebut di bagian terbawah atau tidak ada sama sekali. Posisi yang tepat untuk bar pencarian adalah pojok kanan atau kiri atas, sehingga nantinya mudah ditemukan pengunjung saat ingin mencari sesuatu.

2. Tampilan yang Kurang Mobile Friendly

Ada kalanya kita menemukan website yang kurang mobile friendly. Dalam hal ini, tampilan website tadi mengharuskan kita untuk menggeser ke kanan, kiri, atas, atau bawah untuk melihat keseluruhan laman yang diakses lewat smartphone. Jadi, perancang web design perlu membuat konsep supaya website tadi lamannya dapat muat di smartphone, tablet, maupun gawai canggih lainnya.

3. Navigasi Web yang Terlampau Rumit
Sebenarnya, tidak ada patokan resmi untuk navigasi dalam website. Namun, Anda harus memperhatikan pula kemudahan pengunjung saat mengakses dan menelusuri website itu nantinya. Tidak ada salahnya untuk berkreasi, tapi pastikan navigasi tersebut mudah untuk diikuti. Sedangkan untuk situs perusahaan atau resmi lainnya, usahakan untuk memakai navigasi yang lebih efisien.

4. Font dan Warna yang Berlebihan

Hindari konsep desain website yang terlalu berlebihan. Sering kita temui situs-situs ‘meriah’ dengan jenis font dan warna yang terlalu banyak. Bukannya menarik banyak pengunjung, mereka malah akan segera meninggalkannya karena menganggap website tadi tidak profesional. Jadi, pastikan Anda memakai dua atau tiga jenis font dan warna yang tidak mencolok pada web design.

Kesalahan Umum Saat Membuat Web Design

Salah satu cara untuk menyebarkan informasi dengan waktu yang singkat dan mudah untuk diakses orang adalah dengan membuat sebuah website. Ada banyak sekali jenis web yang bermunculan di internet misalnya website pribadi, e-commerce, toko online, portal berita, website perusahaan, dan masih banyak lainnya. Faktor terpenting dari sebuah website bukan hanya isi informasinya saja tapi juga web design yang bisa membuat pengunjung betah dan tidak segan untuk mengklik link-link yang lain. Meski begitu masih ada web-web yang kurang memperhatikan kenyamanan pengunjung sehingga beberapa kesalahan umum berikut dilakukan.

 

Navigasi yang rumit
Sistem navigasi yang baik adalah yang user friendly, di mana pengunjung bisa dengan mudah mencari informasi lain ketika berada pada halaman tertentu. Kadang website tidak memberikan navigasi yang user friendly sehingga pengunjung yang ingin mencari artikel lain mengenai satu topik dalam satu kategori misalnya, kesulitan dan berujung pada keengganan pengunjung untuk berlama-lama di website tersebut.

Search bar susah dicari
Selain melalui navigasi, pengunjung lebih suka mencari langsung apa yang menjadi tujuannya dengan mengetikkan kata kunci tertentu pada kolom search di web tersebut. Oleh karena itu buatlah web design dengan search bar yang mudah dicari misalnya di sebelah kanan atas. Search bar juga harus ada di seiap halaman website sehingga pengunjung bisa melakukan pencarian dari halaman manapun.

Tidak mobile friendly

Sekarang orang semakin banyak yang membuka-buka website dengan menggunakan device mobile seperti smartphone atau tablet. Jadi jika web Anda hanya dibuat untuk kompatibel dengan satu device saja, maka ketika dibuka di device lain akan membuat pengunjung tidak nyaman. Misalnya membuka halaman yang dibuat untuk PC kemudian dibuka di smartphone, pengunjung harus melakukan zoom lalu scroll kanan kiri untuk bisa membaca halaman secara penuh. Triknya adalah dengan membangun web dengan metode responsive web design yang memudahkan Anda untuk koding hanya satu kali tapi secara otomatis nantinya web akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan device yang digunakan