Salah satu cara untuk menyebarkan informasi dengan waktu yang singkat dan mudah untuk diakses orang adalah dengan membuat sebuah website. Ada banyak sekali jenis web yang bermunculan di internet misalnya website pribadi, e-commerce, toko online, portal berita, website perusahaan, dan masih banyak lainnya. Faktor terpenting dari sebuah website bukan hanya isi informasinya saja tapi juga web design yang bisa membuat pengunjung betah dan tidak segan untuk mengklik link-link yang lain. Meski begitu masih ada web-web yang kurang memperhatikan kenyamanan pengunjung sehingga beberapa kesalahan umum berikut dilakukan.

 

Navigasi yang rumit
Sistem navigasi yang baik adalah yang user friendly, di mana pengunjung bisa dengan mudah mencari informasi lain ketika berada pada halaman tertentu. Kadang website tidak memberikan navigasi yang user friendly sehingga pengunjung yang ingin mencari artikel lain mengenai satu topik dalam satu kategori misalnya, kesulitan dan berujung pada keengganan pengunjung untuk berlama-lama di website tersebut.

Search bar susah dicari
Selain melalui navigasi, pengunjung lebih suka mencari langsung apa yang menjadi tujuannya dengan mengetikkan kata kunci tertentu pada kolom search di web tersebut. Oleh karena itu buatlah web design dengan search bar yang mudah dicari misalnya di sebelah kanan atas. Search bar juga harus ada di seiap halaman website sehingga pengunjung bisa melakukan pencarian dari halaman manapun.

Tidak mobile friendly

Sekarang orang semakin banyak yang membuka-buka website dengan menggunakan device mobile seperti smartphone atau tablet. Jadi jika web Anda hanya dibuat untuk kompatibel dengan satu device saja, maka ketika dibuka di device lain akan membuat pengunjung tidak nyaman. Misalnya membuka halaman yang dibuat untuk PC kemudian dibuka di smartphone, pengunjung harus melakukan zoom lalu scroll kanan kiri untuk bisa membaca halaman secara penuh. Triknya adalah dengan membangun web dengan metode responsive web design yang memudahkan Anda untuk koding hanya satu kali tapi secara otomatis nantinya web akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan device yang digunakan